Senin, Januari 12, 2009

Iklan Media Cetak Tempoe Doeloe

Iklan pada dasarnya adalah memperkenalkan sebuah produk kepada khalayak, agar mengetahui keberadaan produk tersebut. Kandungan sebuah Iklan tidak hanya berisi tentang pengenalan, namun dijelaskan juga tentang manfaat, kegunaan, dan dimana masyarakat bisa mendapatkan produk tersebut.
Sebelum ada media visual para produsen produk menggunakan media cetak sebagai sarana iklan mereka, yaitu surat kabar, hal ini dipandang sangat efektif mengingat surat kabar adalah media informasi yang dibaca sebagian besar lapisan masyarakat. terbukti produk-produk yang dipasarkan laris manis di pasaran, para produsen berlomba-lomba menciptakan image produk yang melekat di benak konsumen, hal ini pekerjaan yang sulit sekali, sebab belum tentu slogan-slogan yang mudah diingat dan iklan-iklan yang sering tampil di surat kabar produknya laris manis di pasaran. untuk itulah para produsen produk dituntut jeli dan mempunyai daya kreasi yang unik dalam menciptakan iklan.

Iklan-iklan Tempoe Doeloe ini salah satu contoh bagaimana trik-trik para konsumen agar produk mereka dikenal dimasyarakat, tentunya dengan menggunakan gaya bahasa jaman itu juga, yang pasti di jaman ini ejaan tersebut tidak dipakai lagi (pusiiing) kadang kita tersenyum bila membaca ejaan iklan itu karena terlalu banyak pemborosan kata dan bikin bingung yang membacanya (tapi dijaman itu ngga kali ya?)



















1 komentar:

melodi memori mengatakan...

Wekekeke.. djadi ingat masa ketjil doeloe..

Dulu mbah phillips udah "terus terang phillips terang terus" belum yaa? :))

Btw, nice post bro.. keep update.. gw tunggu..
Good Luck..

silahkan isi uneg-uneg anda disini

:f :D :) ;;) :x :$ x( :?
:@ :~ :| :)) :( :s :(( :o

Blogger Template by Blogcrowds